16 Mei 2023 | Dilihat: 209 Kali
Pangdam VI/Mlw Ikuti Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak dari Pantai Lamaru
noeh21
    

NusaUtaraTV, Balikpapan - Pangdam VI/Mlw didampingi Pejabat Teras Kodam VI/Mlw dan Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur serta kurang lebih 500 orang masyarakat Kota Balikpapan ikuti kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Th. 2023, yang dipimpin langsung secara Virtual oleh Presien RI Joko Widodo. Pantai lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Prov. Kalimantan Timur Senin, 15/5/2023.



Penanaman Mangrove Nasional secara Serentak oleh Jajaran TNI di Seluruh Indonesia Tahun 2023 dilaksanakan di 37 Provinsi, di 370 lokasi penanaman dengan  jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang akan ditanam termasuk yang dilaksanakan di wilayah Kodam VI/Mlw sejumlah 22.400 pohon yang akan di tanam di 12 titik lokasi dengan total luas 181.000 m².

Penanaman Mangrove bertujuan untuk mempertahankan keberadaan ekosistem pesisir dari kerusakan dan juga sebagai upaya pemerintah dalam memulihkan kembali kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil yang rusak di daerah pesisir pantai lamaru Balikpapan. Upaya pemulihan lingkungan melalui rehabilitasi mangrove ini menjadi agenda utama Bapak Presiden dan seluruh Jajaran TNI, sekaligus upaya untuk mengurangi emisi.



Ucapan terimakasih disampaikan Presiden RI Bapak Joko Widodo kepada TNI-Polri beserta Unsur Forkopimda karena telah melaksanakan Penanaman Mangrove secara serentak di seluruh Indonesia.

"Setelah penanaman agar dirawat serta dipelihara agar tumbuh dan berguna bagi kita semua," pesan Presiden. 



Kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu pemecahan Rekor MURI Nasional. Dan akan ada penyerahan Penghargaan tersebut yang diberikan langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. (Rie)