05 Juni 2023 | Dilihat: 254 Kali
Reses Rahmatia di Sepakat III, Bahas Bedah Rumah Hingga PDAM
noeh21
    

NusaUtaraTV, Balikpapan - Warga Gang Sepakat III di Balikpapan Barat, menyampaikan aspirasinya terkait minim pemasangan sambungan air bersih, hingga keinginan untuk masuk dalam program bedah rumah.
Hal ini disampaikan warga, saat Reses anggota DPRD Kota Balikpapan Rahmatia, Masa Sidang II 2023, yang digelar di Gang Sepakat III, RT 13, Baru Tengah, Balikpapan, Senin (5/6/2023). LRahmatia didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle.

Selain itu hadir pula Kepala Sub Bagian Customer Service (Kasubag CS) Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) Suryo Hadi Prabowo, yang menjawab berbagai persoalan pelayanan air bersih.
“Memang warga di Sepakat III ini lebih banyak menyampaikan aspirasinya terkait pemasangan sambungan baru PDAM,” ujar Rahmatia.

Politisi Partai Gerindra itu menyebut telah mengetahui bahwa warga di pemukiman atas air Sepakat III belum sepenuhnya menikmati air bersih. Bahkan ada warga yang puluhan tahun belum merasakan akses air bersih.

Ia juga menjawab keinginan warga terkait program bedah rumah. Sebab warga Sepakat III juga menjadi basis konstituen Rahmatia.

“Sebenarnya perlu dibedakan antara program dari pokok-pokok pikiran anggota DPRD Provinsi Kaltim dan kami di DPRD Kota Balikpapan. Saat ini kami bekerja untuk memastikan kebutuhan dan hak dasar warga Sepakat III dapat dipenuhi,” imbuhnya.

Rahmatia mengapresiasi aspirasi para warga dan menyebut akan mencatat seluruh masukan warga tersebut sebagai bahan pertimbangan pembentukan program dan pokok pikirannya sebagai anggota dewan, di masa depan.

Dalam kesempatan itu, pihak PTMB yang diwakili Suryo Hadi Prabowo menyampaikan, PDAM terus berupaya memaksimalkan pelayanan air bersih, dengan menyelesaikan perbaikan jalur pipa air baku yang diproduksi dari Waduk Manggar yang memproduksi air baku 70 persen dan Waduk Teritip memproduksi 20 persennya. Sisanya 10 persen diproduksi dari sumur-sumur air tanah.

“Kami berharap apa yang diperjuangkan anggota dewan untuk merealisasikan Embung Aji Raden bisa terlaksana dalam waktu dekat,” ujar Suryo, sapaannya.

Menurut Suryo, Embung Aji Raden akan menambah produksi air baku untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan pesisir timur Balikpapan seperti Manggar, Batakan dan Teritip, serta dapat mencover daerah lain seperti Sepinggan, yang sebelumnya dicover Waduk Manggar.

Sehingga, air baku Waduk Manggar bisa dialirkan untuk memenuhi kebutuhan warga di Sepakat III.
“Kami berharap anggota DPRD Balikpapan dapat segera merealisasikan Embung Aji Raden,” katanya.

Sabaruddin Panrecalle yang hadir saat itu memiliki pendapat yang sama dengan Rahmatia. Ia mendesak tindak lanjut PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sebagai hak warga Sepakat III.

“Nanti silakan warga yang belum terpasang air bersih didata, kemudian berkoordinasi dengan ketua RT dan dilanjutkan ke kelurahan sampai kecamatan. Kami, saya dan Saudari Rahmatia akan mengawal. Karena hal ini merupakan hak warga,” ungkapnya. (rie)