27 Februari 2023 | Dilihat: 500 Kali
Mosi Tidak Percaya Terhadap Ketua DPRD Kota Balikpapan Clear! Ini Penjelasan BK DPRD Kota Balikpapan
noeh21
    

NusaUtaraTV, Balikpapan - Surat mosi tidak percaya yang dilayangkan beberapa fraksi diantaranya PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Nasdem tertanggal 13 Februari 2023 yang ditujukan kepada ketua DPRD kota Balikpapan melalui Badan Kehormatan DPRD kota Balikpapan menemukan titik terang.

Ketua BK DPRD kota Balikpapan, Ali Munsyir Halim dan didampingi oleh wakil ketua BK, Kapten M Hatta Umar dan anggota BK, Wiranata Oey menyampaikan hasil verifikasi mosi tidak percaya itu dalam Konferensi pers yang diadakan di ruang rapat paripurna DPRD kota Balikpapan, pada Senin (27/02/2023).

Setelah BK melakukan verifikasi, BK mendapatkan hasil bahwa tidak ada dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh ketua DPRD kota Balikpapan terhadap laporan beberapa fraksi terkait yaitu tentang pengaturan kode etik DPRD nomor 2 tahun 2020 menyebutkan diduga terdapat pelanggaran pelanggaran tersebut terdapat pada pasal 7 ayat 1 dan 2 serta pasal 13 huruf a dan b.

"Setelah kami lakukan verifikasi terhadap ketua DPRD yang didampingi oleh ahli hukum ternyata terjadi kesalahpahaman dalam pembahasan peraturan dan kami tidak menemukan adanya kesalahan pelanggaran tersebut," ungkap Ali Munsyir.

Ali Munsir pun menyebutkan, bahwa telah selesai permasalahan yang terjadi di internal DPRD kota Balikpapan dan tidak ada lanjutan dari surat mosi tidak percaya.

"Inti masalahnya hanya kesalahpahaman, jadi pemahaman terhadap penerapan daripada peraturan yang ada, sehingga status ini adalah clear dan clean tidak ada lanjutan proses sidang," tutup Ali Munsir. (Rie)