06 Maret 2023 | Dilihat: 696 Kali
Pemuda Mamasa Mengecam Salah Satu Kegiatan Amazing Mamasa
noeh21
    

4 Maret 2023 menjadi momentum dalam Opening Ceremony perayaan Ulang tahun Kabupaten Mamasa yang ke 21 Tahun. Kegiatan yang diberi nama Amazing Mamasa ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Mamasa. Perayaan Amazing Mamasa ini akan diselenggarakan dari tanggal 4-11 Maret 2023 yang dimana di dalamnya berbagai kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Parade Budaya, Pasar rakyat dan berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan ini menimbulkan pro dan kontra oleh masyarakat Mamasa sendiri terlebih pemuda-pemudi Mamasa juga.

"Kegiatan baik kita support, yang kurang baik kita kritisi", ungkap Likar salah satu pemuda asal Mamasa. Ia menganggap banyak kegiatan yang berpotensi membawa daerah kabupaten Mamasa ke arah yang lebih maju, akan tetapi ada pula kegiatan yang tidak sepatutnya dilakukan karena tidak sesuai dengan nilai-nilai atau dapat berubah kultur asli khususnya bagi generasi muda. 

"Sungguh miris melihat salah satu kegiatan yang dilaksanakan, berjoget ria di depan umum. Ini bahaya bagi generasi muda dan dapat merubah kultur asli dalam masyarakat khususnya pemuda. Sebab masyarakat Mamasa perlu waktu untuk bertranformasi dengan dunia modernisasi, terlebih masih banyak kegiatan yang lebih penting sebenarnya bisa dilakukan”, ungkapnya lagi. 

Sebagai pemuda yang berasal dari kabupaten Mamasa ia berharap kedepan pemerintah daerah bisa lebih selektif dalam menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan sehingga bisa berdampak baik kepada masyarakat.