02 Juni 2023 | Dilihat: 219 Kali
Kerja Bakti Rutin di Desa Bukit Jering Patut Dicontoh Kerukunan dan Kesolidan Masyarakatnya
noeh21
    

NusaUtaraTV, TENGGARONG -  Desa Bukit Jering Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi salah satu desa yang patut dicontoh dalam hal kerukunan dan kesolidan masyarakatnya.

Meskipun sebagian besar penduduknya adalah nelayan, mereka secara rutin melaksanakan kerja bakti sosial, baik dua kali dalam sebulan maupun sebulan sekali.



Menurut Sekretaris Desa Bukit Jering, Jasmawi mayoritas penduduk desa bekerja sebagai nelayan, dan ada juga yang bekerja di perusahaan. Namun, kesibukan dengan pekerjaan masing-masing tidak menghalangi mereka untuk secara rutin melaksanakan kerja bakti.

"Sumber penghasilan warga kami sebagai nelayan dan ada juga yang sebagian bekerja di perusahaan. Namun kesibukan dengan profesi masing-masing bukan penghalang bagi kami untuk rutin melaksanakan kerja bakti," kata Sekretaris Desa Bukit Jering, Jasmawi, Jumat 2 Juni 2023. 

Kesempatan yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bukit Jering, Paujik Amrullah juga menambahkan bahwa kerja bakti yang dilakukan secara rutin ini merupakan cara Pemerintah Desa Bukit Jering memberikan edukasi kepada generasi muda desa tentang pentingnya memupuk rasa persaudaraan dan persatuan melalui kerja bakti bersama.



"Sebagai sarana edukasi kita kepada anak-anak di desa, sebab di era yang serba modern ini, tak dipungkiri rasa kebersamaan dan saling gotong royong juga empati kian terkikis oleh egoisme, kepentingan, hingga kesibukan pribadi. Oleh sebab itu, mengajarkan anak tentang kerja bakti sangat penting untuk memupuk tenggang rasa, empati, dan kepedulian terhadap sesama, inilah yang rutin dilakukan oleh masyarakat Desa Bukit Jering," ujarnya.

Oleh karena itu, mengajarkan anak-anak tentang kerja bakti sangat penting untuk memperkuat rasa tenggang rasa, empati, dan kepedulian terhadap sesama.

Paujik menegaskan, tujuan terpenting dari adanya kerja bakti ini ialah menciptakan kerukunan, kebersamaan, dan gotong royong antar warga. (mrk/kss)