16 Juni 2023 | Dilihat: 182 Kali
Hasil Panen Demplot Jagung di Desa Kota Bangun II Melimpah, Bupati Kukar : Buatkan Rangkuman Bukunya
noeh21
    

NusaUtaraTV, TENGGARONG - Guna memastikan program revolusi jagung berjalan sesuai harapan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) membuat demplot - demplot atau percontohan untuk melihat kualitas dan kuantitasnya.

Panen lebih kurang 2 hektar itu dilakukan Bupati Edi Damansyah, Kamis 15 Juni 2023. Didampingi Kepala Distanak Kukar Sutikno, Kepala DPMD Kukar Arianto, Camat Kota Bangun Darat Zulkifli dan Kabid Kerja sama Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kaltim Margaretha.

Margaretha mengungkapkan hasil demplot tersebut sangat bagus karena bisa menghasilkan 7,8 ton per hektar. “Dari sisi hasil ini sangat baik” ujarnya.

Demplot lain hasilnya kurang bagus karena terdapat beberapa faktor, salah satunya hama, yakni monyet dan babi hutan.

Sementara itu, Bupati Edi Damansyah menceritakan pembuatan demplot didasarkan pada keraguannya hasil dari demplot yang dibangun pihak ketiga. Dari laporan pihak ketiga, hasilnya hanya 1,3 ton per hektar.



Ia Hasil itu dirasakan kurang maksimal, apalagi pihak ketiga berkesimpulan tidak fisibel pengembangan jagung di SP I sampai SP VII ini.

“Tapi saya ragu, saya gak percaya, ini pasti ada yang gak beres, pasti ada yang dikerjakan tidak sesuai kaidah-kaidahnya, sehingga kita lakukan demplot ulang,” paparnya.

Edi meminta Distan dan BSIP Kaltim demplot yang baru dipanen agar dibuatkan rangkuman bukunya, baik dari manajemennya lengkap sampai pada hasilnya.

“Jadi nanti hasil ubinan ini, hasil demplot kita nanti kami gunakan di pemerintah kabupaten untuk disampaikan ke para kepala desa,” ujarnya. (mrk/kss)