04 Juni 2023 | Dilihat: 128 Kali
Grand Final Pemilihan Duta Budaya Kukar 2023, Tatok Heru Subroto : Budaya Patut Dijaga dan Dilestarikan
noeh21
    

NusaUtaraTV, TENGGARONG - Melalui pemilihan Duta Budaya Kukar, pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berharap nantinya bisa lebih aktif, kreatif dan inovatif agar mampu memperkenalkan keragaman budaya lokal di Kukar. 

Asisten III Bidang Administarsi Umum Setkab Kukar, Tatok Heru Subroto menyampaikan hal tersebut saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah, di ajang Grand Final Pemilihan Duta Budaya Kukar 2023, yang digelar di Taman Kota Raja, pada Sabtu, 3 Juni 2023. 

Dalam Totok mengatakan, pelaksanaan pemilihan Duta Budaya ini dapat mencetak pemuda pemudi Kukar yang membanggakan dalam melestarikan, membudi dayakan gagasan-gagasan budaya serta lebih aktif, kreatif dan inovatif membumingkan kebudayaan yang berada di seluruh lapisan masyarakat melalui integritas, semangat juang mendelegasikan diri untuk budaya dan kebudayaan Kukar dengan pola pikir madani dan moderat. 

“Atas nama pemerintah daerah dan pribadi, saya menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar yang menggagas pelaksanaan kegiatan ini,” ucap Totok.  

Totok juga mengatakan, Kabupaten Kukar bisa dikatakan miniatur Indonesia, karena hampir semua suku di Indonesia ada dalam wilayah Kabupaten Kukar yang tersebar di 20 kecamatan. Ini juga dapat dilihat dari puluhan paguyuban-paguyuban yang sudah terbentuk di Kukar, seperti IKAPAKARTI, KBBKT, KKSS, IKM dan lain sebagainya.  

Dan ada empat budaya yang mengakar di Kukar, yakni Budaya Melayu Kutai, Budaya Kesultanan, Budaya Pedalaman atau Dayak, dan Budaya pesisir.



Budaya itulah yang patut dijaga dan lestarikan, dan peran para pemuda pemudi Kukar. Sama seperti jargon Presiden Soekarno dulu, untuk membangkitkan semangat para pemuda.  

“Kata-kata Soekarno itu, Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia. Ini mengisyaratkan betapa besar dan pentingnya peran pemuda dan kaum milenial di masa sekarang ini, bila diberi peran yang tepat akan mampu memberikan sumbangsih nyata pada pembangunan dengan tidak meninggalkan budaya tentunya,” jelasnya. 

Tak lupa Totok mengucapkan selamat berkompetisi yang sehat, junjung sportivitas, tunjukkan kemampuan dan bakat, karena yang tampil di grand final pada pastinya sudah melalui tahapan seleksi yang panjang. 
 
“Kalian putra putri terbaik Kukar, di pundak kalian tongkat estafet kepemimpinan dan keberlanjutan Kabupaten Kukar termasuk menjaga dan melestarikan budayanya, kami yakin para pemenang malam ini akan mampu membawa nama Kukar pada ajang yang lebih tinggi, untuk itu jangan jumawa dan cepat berpuas diri, tapi teruslah belajar dan belajar serta menggali potensi diri,” pesannya.  

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Disdikbud Kukar Tauhid Afrilianur, Kepala Dinas PMD Arianto, Plt Kepala Bapeda Kukar Sy Vanessa Vilna, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kukar Muslik, dan beberapa stakeholder terkait lainnya. (mrk/kss)