21 Mei 2023 | Dilihat: 161 Kali
Bupati Optimis Jadikan Kabupaten Kutai Kartanegara Sebagai Lumbung Pangan
noeh21
    

NusaUtaraTV, TENGGARONG - Upaya pemerintah Kabupaten kutai Kartanegara di kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin, pihaknya berkeinginan untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan.

Keseriusan itu Bupati Edi Damansyah, melakukan kunjungan langsung ke pabrik pupuk hayati Pucamadu di PT Madubaru Yogyakarta, didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Wiyono, dan Komandan Kodim (Dandim) 0906/KKR, pada Sabtu, 20 Mei 2023. 

Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Kukar ke PT Madubaru, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga turut hadir Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) M Taufik, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sutikno, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rinda Desianti, Ketua KTNA Kaltim Wisdianto dan Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kukar Aulia Rahman. 

Kunjungan dimaksudkan sebagai tindak lanjut presentasi dari Tenaga Ahli dan Riset Pupuk Hayati atau Organik dari PT Madubaru, Sigit Agus Himawan di ruang serbaguna Kantor Bupati, Senin (10/4/2023) lalu. Selain itu juga untuk melihat dari dekat proses pembuatan pupuk hayati Pucamadu produksi PT Madubaru. 

Rombongan diterima komisaris PT Madubaru Rakhmad Edi Cahyono beserta jajarannya. Edi Cahyono mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati Edi Damansyah bersama jajarannya yang ingin melihat dari dekat proses pengolahan pupuk hayati Pucamadu yang telah berhasil dipakai dibeberapa daerah dalam upaya meningkatkan hasil pertanian. 

"Kami bersama jajarannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Bupati bersama rombongan, kita berharap kunjungan ini bisa menjadi titik awal kerja sama ke depan nanti,” ujarnya. 

Sementara itu Bupati Edi Damansyah menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke PT Madubaru untuk melihat proses pembuatan pupuk organik/hayati Pucamadu, karena ia berkeinginan menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim. 

“Oleh karena itu kami berupaya bagaimana insfratruktur pertanian kami kawasan-kawasan pertanian itu bisa memberikan hasil yang lebih baik,” ujarnya. (mrk/kss)