27 Mei 2023 | Dilihat: 150 Kali
116 Kepala Rumah Tangga di Desa Lung Anai Menikmati Fasilitas Air Bersih
noeh21
    

NusaUtaraTV, TENGGARONG - Desa Lung Anai Kecamatan Loa Kulu, di Kabupaten Kutai Kartanegara berhasil menyediakan layanan air bersih bagi ratusan warganya. Sekitar 116 Kepala Keluarga dari total 148 KK, atau sekitar 78 persen penduduk desa, kini dapat menikmati fasilitas air bersih tersebut.

Kolaborasi antara perusahaan dan TNI melalui Program TNI Manunggal Air Bersih (TMAB) telah memenuhi kebutuhan air warga desa tersebut.

Kepala Desa Lung Anai, Lukas Nah, menyatakan komitmen untuk terus mencari solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Proyek TMAB ini sukses dan mendapat respon positif dari Bupati Kukar, Edi Damansyah, yang secara resmi meresmikan fasilitas air bersih yang telah selesai dibangun.

“Desa ini, yang mayoritas dihuni oleh Suku Dayak, sebenarnya memiliki sumber air bersih dari sungai kecil dengan sistem gravitasi,” kata Lukas Nah.



Namun, saluran air tersebut mengalami kerusakan dan sering mengalami kemacetan. Oleh karena itu, pembangunan fasilitas lengkap, termasuk kolam penangkap air di sekitar sumbernya, dilakukan agar warga desa dapat menikmati air bersih.

Air bersih tersebut kemudian disalurkan melalui jaringan pipa sepanjang 1,5 kilometer ke bak penampungan di desa dengan debit dua liter per detik.

“Kami berharap bahwa air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat desa dan juga berpotensi menjadi lokasi wisata di Kecamatan Loa Kulu,” tandasnya. (mrk/kss)