27 Januari 2023 | Dilihat: 331 Kali
Sabaruddin Apresiasi Pengelolaan Sampah Kelompok Gabungan Nelayan Balikpapan
noeh21
    

NusaUtaraTV, Balikpapan - Saat ini sampah plastik yang di laut Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari, hal tersebut dikarenakan kurang nya kesadaran warga dalam hal membuang sampah. Sampah yang dibuang di sungai tersebut nantinya akan sampai kelaut dan laut pun akan menjadi kotor.

Selain melaut dan mencari ikan, Kelompok Gabungan Nelayan Balikpapan (Ganeba) juga mengumpulkan limbah sampah di perairan yang mereka lewati, dan merekapun bekerjasama dengan perusahaan pengelolaan limbah untuk limbah tersebut dapat di kelola kembali.

Untuk itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan, Sabaruddin Panrecalle turut mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Ganeba, yaitu bentuk pemanfaatan limbah perairan.

“Hal seperti ini patut kita apresiasi, karena inisiatif mereka dalam menjaga kebersihan laut dan biota laut itu saat ini masih minim sekali bisa dilakukan oleh warga, butuh kesadaran yang sangat tinggi. Nah, mereka ini selain mencari ikan, mereka juga mengumpulkan sampah, kan keren tuh,” ucap Sabaruddin, Jumat (27/01/2023).

Sabaruddin menjelaskan, selain pengumpulan sampah, Ganeba selaku organisasi nelayan yang memiliki tanggung jawab besar, diharapkan dapat memaksimalkan kemajuan yang sudah dicapai tersebut, salah satu nya dengan memanfaatkan Corporate Social Responsibilities (CSR) dari perusahaan yang sering melintas di perairan Teluk Balikpapan, seperti PT. Bayan Resources.

“Jadi Ganeba ini harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin CSR perusahaan yang sering melintas di Teluk Balikpapan, kan banyak tuh perusahaan besar contoh nya seperti PT. Bayan Resources, tapi jangan lupa tujuannya yaitu demi kemajuan dan kemaslahatan nelayan tentunya,” tutup Sabaruddin. (Rie